Thursday, March 24, 2016

Kalderahmed

Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang

Cara Melacak Smartphone Android Yang HilangTerkadang kita sering lupa meletakan hp kita. Bahkan hal yang lebih buruk hp kita hilang. Sangat jelas ini bukan sesuatu yang kita inginkan.
Pada Artikel kali ini Ngubekilmu akan membagi tips untuk pengguna smartphone Android tentang bagaimana cara melacak lokasi smartphone Android yang hilang.
Smartphone Android Hilang



Pada tips kali ini, Yang pertama harus mempersiapkan konfigurasinya . Cara ini hanya berlaku untuk smartphone Android yang sebelumnya telah melakukan konfigurasi di pengaturan Google. Baiklah langsung aja Ngubekilmu membahas langkah-langkah nya.

Option Google
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyetting pengaturan keamanan pada setelan/Option Google. Tips ini hanya menggunakan fitur bawaan Android dan tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga, yaitu Android Device Manager. Untuk -Langkah-langkahnya simak dibawah ini :

1. Masuk ke Option/Setelan Google


2. Masuk ke menu Keamanan

3. Pada bagian ‘Pengelola Perangkat Android’ kasih centang pada ‘Cari lokasi perangkat ini dari jarak jauh’ dan ‘Izinkan mengunci dan menghapus dari jarak jauh’
Check List

4. Setelah itu hidupkan GPS pada smartphone Anda

5. Jika semua setelan sudah dilakukan Anda bisa mecobanya dengan meletakan hp smartphone Android Anda ke tempat lain, misalnya dirumah teman anda.
Note: Akses data operator harus tersambung ke internet dan sebelum itu Anda harus sudah melakukan login akun Gmail di perangkat Android Anda.

Jika mau mencobanya anda membutuhkan perangkat yang harus dijadikan sebagai Remot atau pengendali seperti perangkat PC, laptop, atau smartphone lain. 

Berikut ini adalah tips cara melacak lokasi ponsel Android yang telah diseting seperti cara di atas tadi.



  1. Langkah Pertama yaitu Anda harus membuka situs Android Device Manager atau klik INI
  2. Lalu akan tampil seperti gambar dibawah ini, Setelah itu anda Login menggunakan akun Gmail Anda, perlu diingat bahwa Anda harus memasukan akun Gmail yang sama dengan akun yang sudah login pada smartphone Android Anda.
  3. Map


    • Setelah berhasil Login, Anda akan menemui tampilan Peta dengan Tools pencarian untuk melacak hp smartphone Android.
    Locating

    • Tunggu sampai proses pencarian selesai, dan jika lokasi gagal ditemukan, coba klik icon GPS yang ada di pojok kanan atas pada kolom pencarian.
    • Jika lokasi sudah ditemukan maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Gambar di bawah merupakan contoh lokasi smartphone Android yang sedang dilacak keberadaannya. Jika lokasinya akurat maka akan tampil alamat dimana ponsel Anda berada.
    Lok

    • Nantinya lokasi dimana smartphone Android Anda berada akan dilingkari oleh lingkaran berwarna biru, itu adalah jangkauan area estimasi GPS.
    Lokasi

    Dalam kolom peralatan/tools terdapat tiga pilihan yang fungsinya cukup hebat.
    tools
    • Yang pertama ada tombol Ring/Deringkan, berfungsi untuk membunyikan nada dering pada smartphone Android kita dengan volume maksimal selama lima menit meskipun sebelumnya smartphone Anda dalam keadaan silent/diam. Tujuannya agar memudahkan kita untuk mencari jika smartphone kita letaknya tersembunyi.
    • Yang kedua ada tombol Lock/Kunci, fungsi tombol ini untuk mengunci smartphone Android Anda secara permanen sehingga nantinya jika ada orang lain yang menemukan smartphone Android Anda tidak bisa mengakses ponsel Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda memiliki data/file yang sangat penting/privasi ketika smartphone Android Anda Hilang.
    • Yang terakhir ada tombol Erase/Hapus, fungsi dari tombol ini adalah menghapus semua data-data Anda dari jarak jauh. Penghapusan data meliputi foto, video, kontak, aplikasi, dan lain-lain. Fitur ini merupakan pilihan terakhir demi keamanan data Anda jika memang smartphone Anda tidak bisa ditemukan.
    Cukup lengkap bukan tipsnya? Tips ini hanya untuk antisipasi saja jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan yang menimpa kita, misalnya smartphone dicuri atau hilang. Tentunya kita tidak berharap hal seperti itu terjadi pada kita, namun alangkah baiknya bila melakukan antisipasi dini.
    Demikian Tips dari Ngubekilmu, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel Ngubekilmu lainnya. Terima Kasih.
    Didapat dari berbagai sumber.

    Kalderahmed

    About Kalderahmed -

    Salam kenal semuanya, Selamat datang di Blog Ngubekilmu. Silahkan dibaca-baca, boleh di copy paste asalkan mencantumkan sumber. Terima Kasih banyak

    Subscribe to this Blog via Email :