Friday, March 25, 2016

Kalderahmed

Cara dan Tips Meningkatkan Daya Baterai Pada Windows 10

Cara dan Tips Meningkatkan Daya Baterai Pada Windows 10Banyak perubahan dan peningkatan pada Windows 10, tapi apakah salah satu dari anda mengalami masalah terhadap baterai notebook setelah meng-upgrade ke Windows 10? Berikut ada sedikit tips dan cara yang mungkin dapat membantu untuk mengefisienkan penggunaan baterai pada Windows 10.

Software mempunyai peranan penting dalam meng-efisiensi penggunaan baterai pada sebuah perangkat. Apalagi pada perangkat seperti laptop notebook yang memiliki hardware berspek lumayan, sehingga energi yang dibutuhkan tidak sedikit. Nah, Disinilah peranan software dalam memanajemen penggunaan daya baterai yang dibutuhkan hardware. Windows 10 sendiri sudah memperkenalkan beberapa fitur untuk meng-efisiensi penggunaan baterai agar lebih irit dan tahan lama dalam penggunaan.

Inilah beberapa tips dan cara untuk menghemat daya baterai laptop pada windows 10.

Menggunakan Battery Saver

Battery Saver adalah sebuah fitur baru yang hadir pada sistem operasi Windows 10 yang bisa membantu Anda untuk menghemat penggunaan daya pada perangkat laptop/notebook. Anda dapat menggunakan fitur ini dengan cara masuk ke Settings -System -> Battery Saver dan anda akan melihat tingkat penggunaan baterai pada perangkat Anda.


Setting, Battery

Jika Anda memilih membuka ‘Battery Use’ nanti akan muncul rincian tentang komponen apa saja yang menggunakan daya tinggi. Di bagian ini Anda dapat mengatur dan membatasi layanan apa saja sesuai keinginan anda.

Pilih link Change background app settings dan Anda bisa mengatur aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang. Anda bisa menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang berjalan tersebut dengan menggeser panel ke mode ‘Off' pada setiap aplikasi. Aplikasi yang berjalan pada latar belakang tersebut dapat menguras daya baterai Anda karena pada saat tidak digunakan, Aplikasi tersebut tetap aktif memberi pemberitahuan atau mengupdate informasi dan lain sebagainya.
Background-Apps
Selanjutnya pilih Change Battery Saver Settings, Pada pengaturan ini Anda dapat memilih kapan penghemat daya akan otomatis diaktifkan, biasanya setingan bawaannya pada tingkat 20% tapi Anda dapat mengatur tingkatan ini sesuai kebutuhan Anda. Beri tanda ceklist pada Lower screen brightness while in battery saver dan jangan beri ceklist pada Allow push notification. Anda juga dapat menambahkan aplikasi apa saja yang ingin selalu berjalan di latar belakang dengan pilihan “Add an app”.
Battery Saver setting
Battery Saver Setting

Windows 10 Power & sleep

Selanjutnya pilihan yang berada dibawah battery saver, yaitu Power & Sleep fitur lain yang juga untuk menghemat penggunaan baterai pada notebook.
Power & Sleep
Anda bisa mengatur konfigurasi pada saat layar notebook Anda mati dan dalam keadaan sleep, ketika sedang menggunakan baterai. Anda dapat mengganti pengaturan ini sesuai Prefensi Anda masing-masing.

Untuk pengaturan Power option Anda dapat memilih link Additional power setting yang akan membawa ke pengaturan baterai yang pengaturannya sama dengan pengaturan baterai pada Windows versi sebelumnya.


Power Setting 


Lalu berikut ini tips sederhana untuk mengoptimalkan baterai notebook pada Windows 10:
  • Pertama adalah mengatur tingkat kecerahan layar. Pastikan Anda telah mengatur tingkat kecerahan layar notebook saat menggunakan baterai pada pengaturan Battery Saver dan Power & Sleep.
  • Matikan layanan komunikasi, Anda dapat menambah tingkat ketahanan baterai Anda dengan mematikan semua layanan komunikasi seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan lain-lain. Anda dapat mematikan semua layanan komunikasi dengan mengaktifkan Airplane Mode / Mode Pesawat pada toggle yang keluar saat mengklik icon notifikasi.
Mode pesawat
Airplane / Mode Pesawat
  • Jangan gunakan aplikasi berat seperti bermain game, mengedit dengan Photoshop, atau menonton film dengan tingkat rendering yang tinggi. Anda dapat menjalankan program-program berat saat menghubungkan perangkat notebook Anda dengan charger.
  • Gunakan warna gelap untuk tampilan perangkat Anda, tips ini selalu disarankan untuk menghemat baterai. Karena pada dasarnya ketika layar menampilkan warna-warna cerah seperti putih, merah, dan lainnya, tingkat penggunaan dayanya meningkat ketimbang jika menggunakan wallpaper warna hitam. Anda dapat menggunakan tema berwarna hitam dan wallpaper yang berwarna gelap.
Pilih tema warna gelap
Pilih tema yang berwarna gelap

Awet atau tidaknya baterai pada sebuah laptop memang memiliki banyak faktor lain, mungkin itu kualitas baterai yang sudah menurun atau memang pengguna terlalu sering menggunakan program berat yang pastinya membutuhkan banyak daya.
Gunakan fitur Battery Saver dan Power & Sleep yang dikombinasikan dengan tips sederhana diatas. Tips diatas mungkin akan membantu meningkatkan daya tahan baterai perangkat Windows 10 Anda saat tidak terhubung ke pengisi daya. Sekian tips untuk menghemat daya baterai pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 10, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel Ngubekilmu lainnya. Terima Kasih.
sumber: http://www.beritateknologi.com




Kalderahmed

About Kalderahmed -

Salam kenal semuanya, Selamat datang di Blog Ngubekilmu. Silahkan dibaca-baca, boleh di copy paste asalkan mencantumkan sumber. Terima Kasih banyak

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
March 9, 2022 at 6:28 AM delete

Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai tips menghemat baterai di windows 10

Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk beberapa informasi tentang cara menghemat baterai di windows 10
https://bangamingadget.com/menghemat-baterai-di-windows-10/
terima kasih

Reply
avatar