Multimedia dan Virtual Reality, Kali ini Ngubekilmu ingin memberi penjelasan mengenani Mutimedia dan VR(Virtual Reality).
MULTIMEDIA
Multimedia adalah interaksi antara teks, suara, gambar statis, animasi, dan video. Ditinjau dari kata-kata pembentuknya, Multimedia berarti “Melibatkan berbagai media”.
APLIKASI MULTIMEDIA
Presentasi Bisnis
Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk / servis ataupun gagasan ke audien.
Pelatihan Berbasis Komputer (Computer Based Training)
Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut penyajian visual.
Hiburan
Mutimedia digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
Pendidikan
Multimedia digunakan untuk memvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit untuk dijelaskan (misalnya fisika dan matematika) dengan cara konvensional.
Penyajian Informasi
Multimedia dapat dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu, memungkinkan penerbitan elektronis, baik dalam bentuk buku elektronik maupun koran elektronik.
Kios Interaktif
kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum, seperti mall atau universitas. Pada umumnya digunakan untuk mempermudah dalam mencari informasi.
Telekonferensi
Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan ke masing-masing komputer pemakai.
KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling tidak memiliki komponen :
1. Kartu Suara (sound card)
Kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio.
3.Mikrofon
Piranti untuk menerima suara.
- Teks
- Suara
- Gambar Statis
- Animasi
- Video
1. Teks
Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang menggunakan model baris perintah ataupun GUI.
Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun ukuran.
2. Suara
¡Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi
tertentu
¡Suara pada komputer dapat disimpan dengan berbagai format,
yaitu:
§AIFF (.aif) : Audio
Interface File Format merupakan format suara pada komputer Apple
§AU (.au) : format suara
yang pertama kali dikembangkan oleh Sun. Terkenal di lingkungan UNIX
§MIDI (.mid) : Musical
Instrument Digital Interface merupakan format suara yang khusus untuk menyimpan instrumen musik
§MP3 (.mp3) : Format yang
umum digunakan untuk lagu
§WAVE (.wav) : Format
suara yang biasa dipakai Windows
§WMA (.wma) : Windows
Media Audio merupakan format suara yang mempunyai kualitas seperti CD tetapi
ukurannya hanya setengah dari ukuran format MP3
§MPEG-4 (.mp4): Format
yang diperkenalkan oleh ISO /IEC Moving Pictures Experts Group
3. Gambar Statis
¡Pada umumnya gambar disimpan dengan cara dimampatkan,
tujuannya untuk menghemat ruang dalam penyimpan eksternal
¡Ada dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan
pemampatan pada gambar, yaitu:
§Teknik lossy : suatu
teknik yang memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan
mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama
§Teknik lossless : suatu
teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengan gambar aslinya
¡Animasi berarti teknik untuk membuat gambar bergerak
¡Teknik sederhana untuk membuat gambar bergerak adalah
dengan menggunakan sejumlah gambar yang sedikit berbeda. Teknik ini dapat
dibuat dengan mudah menggunakan PL seperti Ulead GIF Animator
¡Teknik animasi yang lain yaitu morphing. Teknik ini
dilakukan dengan menggunakan konsep metamorfose dari suatu gambar awal menjadi
gambar akhir
5. Video
¡Format Video
§AVI (.avi): Audio/Video
Interleaved merupakan standar video pada lingkungan Windows
§MOV: format ini
dikembangkan oleh Apple merupakan format video yang paling banyak digunakan di
Web
§MPEG: Motion Picture
Experts Group merupkan format untuk video yang biasa digunakan dalam VCD
¡Contoh PL untuk membuat video: Adobe Premiere, Windows
Movie Maker
Perangkat Lunak untuk Menciptakan Program Multimedia
PL yang secara khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia disebut multimedia authoring system (authoring software)
Contoh: Authorware, Quest, Icon Author, Multimedia Director
VIRTUAL REALITY
¡Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan
seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan
menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D)
sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
¡Contoh: pilot menggunakan sistem virtual reality untuk
melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya
.
Piranti Virtual Reality
¡Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata,
virtual reality menggunakan peralatan-peralatan:
§Glove : peranti masukan
yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem
virtual reality
§Headset: peranti yang
berfungsi untuk memonitor gerakan kepala dan memberikan pandangan lingkungan
yang semu kepada pemakai sehingga seolah-olah melihat dunia nyata
§Walker: peralatan yang
dimaksudkan untuk memantau gerakan kakis
Aplikasi Virtual Reality
¡SGS-Thomson Microelectronics, memakai PL bernama Superscape
VR untuk keperluan training dalam bentuk simulasi
¡Matsushita Electric Work memakai sistem Virtual Reality
yang dinamakan Virtual Kitchen untuk
membantu pemakai memilih sejumlah peralatan dapur
¡Chrysler menggunakan sistem virtual reality dalam proses
perancangan mobil
¡Volvo menerapkan virtual reality untuk menguji kecelakaan
mobil secara virtual
Efek Negatif Virtual Reality
Orang-orang yang terlibat dalam penggunaan sistem ini kerap mengalami gangguan yang disebut cybersickness. Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Terkadang si penderita secara psikologi masih terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh virtual reality.