Monday, February 22, 2016

Kalderahmed

Cara Merawat dan Memelihara Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat dan Memelihara Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama, Jaman sekarang laptop sudah menjadi barang yang lumrah, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui cara merawat laptop dengan benar agar tetap awet dan tahan lama.
Tentunya anda tidak ingin jika Laptop anda cepat rusak & tidak tahan lama? Nah, pada Post pertama ini Ngubekilmu akan membahas Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama.



1. Jangan mengoperasikan Laptop diatas kasur/bantal


     Biasanya anda sering kali menggunakan Laptop di atas kasur/bantal, padahal itu ada efek sampingnya. Karena  menggunakan laptop di atas kasur/bantal menyebabkan panas dari Laptop anda tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop akan Overheat.

2. Jauhkan Laptop anda dari Makanan dan Minuman



      Jangan minum/makan didekat Laptop anda. Makanan atau minuman bisa saja tanpa sengaja tumpah dan mengenai keyboard pada Laptop lalu masuk ke sela-sela keyboard. Dan bisa juga masuk kedalam komponen-komponen Laptop. Jika komponen di dalam Laptop rusak, siap-siap saja merogoh kocek yang dalam.





3. Jangan asal download Software


          Hati-hati jika anda ingin download software di internet. Sebaiknya Laptop anda sudah ter-poteksi oleh Antivirus yang up to date. Karena banyak sekali virus-virus yang bertebaran.





4.  Hati-hati dalam meng-upgrade Hardware


      Lebih baik kenali dulu apakah Laptop anda bisa mensupport hardware tersebut.





5. Jangan Mengoperasikan Laptop terlalu lama


    Mengoperasikan Laptop terlalu lama dapat membuat laptop anda Overheat(kepanasan). Gunakanlah Laptop anda seperlunya saja, jika tidak anda gunakan sebaiknya matikan saja.





6. Rajin melakukan Scan harddisk internal


          Anda harus rajin dalam men-scan harddisk internal Laptop anda, barangkali saja file-file anda terinfeksi virus. Gunakanlah Antivirus yang anda percayai (Ngubekilmu sarankan memakai Avast/Avira/AVG untuk virus-virus luar dan SMADAV untuk virus-virus lokal) dan sering-seringlah meng-upgrade Antivirus anda.




7. Bersihkan Laptop secara rutin


         Anda bisa membeli alat pembersih Laptop ditoko komputer, harganya sekitar 10ribu rupiah. Bersihkan Laptop 1 bulan sekali atau 2 minggu sekali dari debu-debu yang berada di sela-sela keyboard, di monitor,dll. 
Pada saat membersihkan Laptop harus dalam keadaan mati, dan jangan lupa mencabut baterai Laptop.




    Ngubekilmu berharap anda dapat menjaga Laptop anda sebaik-baiknya. Pelihara/rawatlah Laptop anda baik-baik, karena harga Laptop tidak murah.Terima kasih telah membaca Artikel ini :) 

Kalderahmed

About Kalderahmed -

Salam kenal semuanya, Selamat datang di Blog Ngubekilmu. Silahkan dibaca-baca, boleh di copy paste asalkan mencantumkan sumber. Terima Kasih banyak

Subscribe to this Blog via Email :